Cara Mencegah Kebutaan Akibat Komplikasi Diabetes

Mencegah Kebutaan Pada Penderita DiabetesDiabetes merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja dan dapat membahayakan pada kesehatan. Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi bahkan sampai menyebabkan penderita menjadi meninggal. Untuk mencegah terjadinya komplikasi pada diabetes seperti kebutaan, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Gula darah yang terus dibiarkan serta tidak diberikan perawatan dan pengobatan diabetes maka hal ini akan menyebabkan kondisi yang lebih serius dan dapat menyebabkan banyak komplikasi salah satunya yaitu kebutaan.

Cara Mencegah Kebutaan Akibat Komplikasi Diabetes

Penurunan penglihatan biasanya akan terjadi pada saat anda mengalami proses penuaan, namun pada penderita diabetes hal ini bisa saja terjadi meski mereka masih muda. Glukosa yang terlalu tinggi pada penderita diabetes jika lama kelamaan terus dibiarkan hal ini akan menyebabkan kerusakan pada retina dan dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah sehingga akan berakibat pada kebutaan.

Proses kebutaan pada penderita diabetes biasanya tidak akan terjadi dalam waktu cepat ada tahapnya yaitu dari pandangan dan penglihatan akan buram, terlihat bayangan kecil atau besar seperti sedang melayang-layang, nyeri dan kemerahan pada mata hingga akhirnya mata akan tidak melihat atau kebutaan.

Tentunya anda tidak ingin mengalami kebutaan bukan? untuk itu, bagi anda yang mempunyai penyakit diabetes untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan :

  1. Menerapkan pola hidup sehat.
    Tidak hanya dapat mencegah terjadinya komplikasi dari diabetes dengan cara menjaga pola hidup sehat juga bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh anda. Mulailah dari sekarang untuk menjaga pola makan, pola tidur, dan aktivitas fisik secara teratur. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes anda juga harus berusaha untuk menjaga berat badan yang ideal.
  2. Berhenti merokok.
    Untuk mencegah terjadinya kebutaan sebaiknya usahakan secara perlahan untuk berhenti merokok karena merokok dapat membuat resisten insulin yang menyebabkan kadar gula darah tidak terkendali dan mempercepat perkembangan penyakit mata yaitu retinopati diabetik.
  3. Rutin minum obat.
    Tidak hanya dengan mengkonsumsi obat anda juga harus melakukan perawatan yang dianjurkan oleh dokter untuk menjaga kondisi kesehatan agar tetap stabil dan tidak memperparah kondisi yang akan berakibat pada komplikasi kebutaan.
  4. Melakukan pemeriksaan secara rutin.
    Jika anda mempunyai diabetes sebaiknya konsultasikan kepada dokter bila ada keluhan atau gejala seperti pandangan yang mulai kabur, dan nyeri otot berkepanjangan untuk mencegah terjadinya komplikasi dan berbagai penyakit lainnya karena penderita diabetes akan sangat rentan terkena penyakit hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah dibandingkan dengan orang normal.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit diabetes. Ingat sebaik-baiknya mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi yuk kita lakukan dari sekarang juga.

Tinggalkan komentar